Wednesday, July 4, 2012

TIPS PERAWATAN BURUNG KENARI


Tips perawatan burung kenari

BURUNG KENARI
Burung kenari adalah burung penyanyi yang banyak diminati oleh orang.memiliki variasi warna dan kombinasi warna yang beragam dan unik.dan yang lebih membuat menarik adalah suara dari burung tersebut mempunyai irama ritme yang bisa turun naik nada dengan sangat baik.merawat burung kenari sangatlah menyenangkan,berikut ini tips yang saya ketahui dalam perawatan burung kenari .semoga bermanfaat.
Sebelum ke tahap perawatan ada baiknya dulu kita kenali dari ciri-ciri kenari tersebut.berikut  pemilihan burung kenari dari katuranggan:
·         Berkelamin jantan, ciri burung jantan dapat dilihat dari bentuk yang sangat serasi,mengeluarkan suara yang begitu nyaringdan keras,pilihlah kenari jantan yang vent-nya lebih besar dan panjang
·         Bentuk paruh, jika anda sedang memilih burung kenari lihatlah paruh  burung tersebut panjang,tebal dan berpangkal besar.maka pilihlah burung tersebut.
·         Kepala bentuk kotak, burung yang bekepala membentuk kotak ini mempunyai mental tempur yang bagus dan kuat
·         Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan leher panjang,serta badan dan ekor serasi.perlu diingat jangan memilih yang berpostur pendek dan begitu juga dengan lehernya
·         Sayap mengepit rapat dan cengkraman yang kuat, ini menandakan burung yang sehat,jangan lipa pilih kaki yang terlihat kering dan besar.sekedar pemberitahuan warna kaki tak berpengaruh terhadap mentalnya
·         Lincah dan bernafsu makan besar, inilah cirri burung yang sehat dan bermental kuat
·         Leher panjang padat berisi, menandakan burung ini mampu mengeluarkan power yang maksimal dan bagus
 Nah setelah kita mengetahui bahan yang akan menjadi kenari yang bagus,mari ikut ulasan tentang pakan burung tersebut:
·         Bijian mix,  biasanya biji-bijian ini di jual di pasaran yang menjual pakan burung
Canary SeedBiji FumayinNiger Seed
Gambar di atas adalah contoh biji mix tersebut

·         Sayuran dan buahan, burung kenari sangat menyukai macam-macam sayuran dan buah-buahan seperti  sawi,apel,wortel,buah pir,DLL.
·         Telur dan kroto, mungkin tidak setiap saat,tapi pada saat tertentu pakan ini sangat di butuhkan untuk menunjang vitalitas fungsi organ tubuh burung kenari.
·         Asinan, untuk mencukupi kalsium burung kenari,karna burung kenari butuh asupan kalsium tambahan,dan dapat di sarankan tulang ikan sotong untuk melengkapi kebutuhan kalsium burung kenari
·         Roti kering, sebagai makanan tambahan dikarenakan burung kenari juga menyukai roti kering,tapi perlu di ingat jangan di beri roti yang mengandunggaram dan gula yang tinggi
PERAWATAN DAN STELAN HARIAN BURUNG KENARI
Perawatan harian burung kenari hamper sama dengan burung kicau lainnya,dan kunci keberhasilan dari perawatan tersebut adalah rutin dan konsisten.
Berikut ini saya akan membahas pola perawatan dan stelan harian burung kenari:
·         Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot,tergantung pada kebiasaan masing-masing burung)
·         Bersihkan kandang harian. Ganti atau tambahkan Pakan dan Air Minum.Berikan Sayuran segar atau Buah

·   Penjemuran dapat dilakukan selama 1-2 jam/hari mulai pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis.

·  Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, lalu            sangkar dikerodong.

·         Siang hari sampai sore (jam 10.00-15.00) burung dapat di Master dengan suara Master atau burung-burung Master.

·         Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, boleh dimandikan bila perlu.

·         Kontrol Pakan, Air Minum, Sayuran dan Buah
·         .
·         Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara Master selama masa istirahat sampai pagi harinya

Begitulah cara perawatan yang saya ketahui cara merawat burung kenari,selamat mencoba..!!!!

No comments:

Post a Comment